BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pengertian Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara
otomatis menerima dan menyimpan data input, meringankan
pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer telah merambah
ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang
kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan alat
elektronik ini.Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat
mengoprasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk
kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mengenai perkembangannya maka, computer tidak lepas dari
berbagai perubahan pada system operasi dan juga perangkat kerasnya, dari tahun
ketahun perangkat keras mengalami perubahan dan perubahan yang pasti menjadi
lebih praktik, mudah digunakan, dan lebih ringan.
menghadirkankomputer terbaik yang dapat digunakan manusia selama
bartahun-tahun sehingga terciptalah komputer dengan pernagkat keras yang lebih
simple dan ringan. pernagkat keras yang disebut Hardware terus berkembang agar
lebih praktis dan minimalis sehingga dapat memudahkan kerja manusia didunia.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah tersebut maka penyusun dapat merumuskan
suatu masalah, yaitu :
Ø Apa pengertaian perangkat keras (hardware) ?
Ø Bagaimana sejarah perkembangan perangkat keras computer dari
generasi ke generasi ?
Ø Jelaskan perkembangan perangkat keras komputer dari
masing-masing generasi ?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas
dalam mata kuliah Komputer dan mengetahui pengertian dan sejarah perkembangan
perangkat keras komputer itu sendiri.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
HARDWARE
Hardware
adalah sekelompok komponen fisik dari computer yang dapat dilihat jelas,
dipegang, serta dioperasikan seturut program yang mendukung kinerjanya.
# Perangkat hardware terdiri dari
tiga jenis yaitu:
a.
Perangkat
masukan (input device)
Perangkat
masukan berfungsi untuk memasukan data, baik berupa teks, gambar, maupun foto
kedalam computer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light pen,
scanner dan sebagainya.
b.
Perangkat
keluaran (output device)
Perangkat
keluaran digunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan.
Misalnya monitor, printer dan speaker.
c.
Perangkat
pengolahan data (processor)
Perangkat
pengolahan data dipergunakan untuk mengolah data. Meliputi unit pengolah pusat
(CPU) dan juga mikro prosesor.
v Macam-macam perangkat keras
yaitu:
a. CPU
(central Processing Unit)
CPU
merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. CPU berisi rangkaian
sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
b. Monitor
Merupakan
alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedangn diproses
dalam CPU.
c. Keyboard
Merupakan
alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas
rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
d. Mouse
Mouse
merupakan alat bantuk untuk memberikan perintah dalam memproses data atau
mengedit data.
e. Printer
Printer
merupkan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, brupa
teks maupun gambar/grafik.
f.
CD Rom
Alat
tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program
melalui media CD (compact Disk). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca
data atau program melalui system optic.
g. CD
(compact disk)
Media
penyimpanan yang terbuat dari bahan plastic. Proses penyimpanan dan pembacaan
data menggunakan system optic.
h. Floppy
disk
Adalah
alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun
sebaliknya. Ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
i.
Harddisk
Hard
disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang
dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan hard disk sangat cepat dari
daya tampung dan kecepatan membaca data. Perlu diketahui hard disk memang
mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpanan system operasi
yang permanen.
2.2 PERKEMBANGAN
HARDWARE
a.
Perkembangan Monitor
Resolusi Monitor
·
CRT
(cathode Ray Tube)
Pertama
dikembangkan untuk menerima siaran tv. Milestone adalah tabung televise pertama
dari Wladimir Kosma Zworykin (1929), full electronic frame rate dari Manfred
Ardenne (1930) dan pengembangan sinar katoda pertama yang dapat direproduksi
oleh Allen B. Du Mont (1931).
·
MDA
(monochrome display adapter)
Pada
akhir tahun 1960an perkembangan teknologi monitor televise berpisah jalur
dengan teknologi monitor computer. Hal ini setelah adanya MDA yang memungkinkan
gambar monokrom dengan resolusi 720 x 350 pixel.
·
CGA
(colour graphics adapter) 320 x 200 pixel
Pada
tahun 1981 IBM memperkenalkan CGA yang dapat menampilkan empat warna dengan
resolusi 160 x 200 pixel. Awalnya monitor terintegrasi dengan casing PC atau terhubung
dengan teknik yang proprietary. Monitor yang menjadi perhatian saat itu adalah
Taxan Vision, sebuah layar warna 14 inci dengan resolusi 1000 x 1000 pixel dan
frame rate sebesar 64 Hz.
·
EGA
(enhanced graphics adapter) 640 x 320 pixel
Monitor
EGA muncul dengan resolusi yang lebih bagus yaitu 640 x 350 pixel. Monitor
jenis ini cukup stabil sampai berikutnya muncul generasi computer windows.
·
MCGA
(Multi Colour Graphics Adapter)
MCGA
merupakan adapter video untuk computer PS/2 model 25 dan 30. Pada resolusi 320 x 200 pixel. Warna yang
dapat ditampilkan adalah 256 warna dari 262.144 palet warna yang tersedia.
·
VGA
(video graphics adapter) 640 x 400 pixel

·
SVGA
(super video graphics adapter) 640 x 800 pixel
SVGA
pada dasarnya sama dengan 8514 tetapi biasa disebut pada adapter non IBM. SVGA
dapat digunakan pada PC/XT/AT, bukan untuk PS/2. Resolusi maksimum SVGA yang
umum adalah 1024 x 768 pixel dengan 256 warna.
·
XGA
(extended graphics array) 800 x 1024 pixel
XGA
merupakan adapter keluaran terakhir yang memiliki resolusi yang paling tinggi
(lebih dari 1024 x 768 pixel).
·
WXGA
(widescreen extended graphics array)
Ini
adalah monitor XGA dengan format layar lebar, umumnya digunakan untuk computer
jinjing.
·
SXGA
(super extended graphics array) 1024 x 1200 pixel
Monitor
ini memiliki resolusi hingga 1280 x 1024 dan 32 bit truecolor. Dengan aspect
ratio yang tidak umum 5:4 (yang umum saat itu 4:3) sehingga jika diskala gambar
akan terlihat lebih lebar di monitor SXGA dibandingkan dengan monitor XGA.
·
WSXGA
(widescreen super extended graphics array)
Nama
lainnya WXGA+ adalah versi turunan dari WXGA resolusinya adalah 1440 x 900
dengan aspect ratio 61:10. Umumnya digunakan untuk computer jinjing.
·
WSXGA+
(widescreen super extended graphics array plus).
Adalah
versi turunan dari WSXGA yang umumnya dipakai oleh computer jinjing. Format
layar lebar dengan resolusi max 1680 x 1050.
·
UXGA
(ultra XGA) 1200 x 1600 pixel
Adalah
standar true color dengan resolusi 1600 x 1200 dengan aspect ratio 4:3.
·
WUXGA
(Widescreen Ultra Extended Graphics Array)
Turunan
versi UXGA dengan resolusi 1920 x1200 dengan aspect ratio 16:10 umumnya
digunakan untuk computer jinjing.
·
QXGA
(Quad Extended Graphics Array)
Monitor
dengan resolusi 2048 x 1536 dan aspect ratio 4:3.
Tiga jenis teknologi monitor
computer:
·
CRT
(cathode ray tube)
Teknologi
tabung brown (CRT) ditemukan pada tahun 1897 akan tetapi teknologi ini baru
diterima sebagai penerima siaran televise pada tahun 1926. Sejarah penemuan
teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang
sangat bagus. Akan tetapi ada kelemahan yaitu semakin besar display yang akan
dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan. Pada monitor CRT, layar
penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan
tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar electron ke suatu titik di
layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan
diperlemah untuk sisi gelap. Teknologi CRT merupakan teknologi termurah
dibandingkan dengan kedua teknologi yang lain. Meski demikian resolusi yang
dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik
yang dibutuhkan cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup
kuat.
·
LCD
(liquid crystal display) atau Flat display Panel (FDP)

Kelebihan
lain yaitu adanya brightness ratioa yang telah menyentuh angka 350 : 1. Ukuran
dimensi dan beratnya sangat rendah, energy yang digunakan juga rendah, hamper
tidak ada efek flicker (tergantung pada tipe backlight yang digunakan) dan
tidak ada batasan resolusi maksimal.
Kekurangannya
adalah LCD memiliki sudut pandang yang sangat terbatas.
Lapisan-lapisan
dalam sebuah LCD yaitu:
o
Polaroid
belakang
o
Elektroda
belakang
o
Plat
kaca belakang
o
Kristal
cair
o
Plat
kaca depan
o
Elektroda
depan
o
Polaroid
depan
·
Plasma
Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED)

b.
Perkembangan Printer
1)
Impact
Printer
Adalah
jenis printer yang memaksa print heads untuk mentransfer tinta ke media cetak
dengan cara print heads menekan tinta sampai menyentuh kertas. Mirip dengan
cara kerja mesin ketik. Beberapa tipe impact printer yaitu:
·
Printer
Dot Mattrix
Printer
Dot Mattrix ( 9 pin atau 24 pin), mencetak pertitik, menggunakan pita karbon
ukuran narrow (folio). Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik-titik
yang saling menghubungkan satu dengan yang lainnya. Pada awalnya dot matrix
hanya menggunakan 9 pin kemudian menjadi 24 pin. Contoh printernya yaitu Epson
LX-300, LX-800, dan LQ-80 ukuran wide narrow (double folio) LX-1050, LX-1070,
LQ-1070, LQ-1170
·
Daisy
Wheel Printer,

2)
Nonimpact
Printer
·
Ink
jet/Desjet/Buble Jet,

·
Printer
laser jet,
mencetak
1 halaman perdetik menggunakan serbuk karbon. Memakai system yang hampir sama
dengan mesin foto copy. HP 5L, 6L, Laser
jet 1000, cannon laser jet dll.
·
Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang
secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun
grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka berbagai bentuk
gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan
plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk
membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
Head dari plotter terdiri dari beberapa buah
pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna
menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer.
Secara umum, bagian yang ada di dalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu
drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi
dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menelusuri permukaan
kertas guna menghasilkan gambar
c.
Perkembangan Keyboard
Pada awalnya susunan keyboard
yang asli rancangan Christopher latham sholes tidaklah QWERTY. Susunan awal ini
memungkin kita untuk mengetik dengan lebih cepat. Namun karena terlalu cepat
dalam mengetik sering timbul masalah. Seringkali saat tombol ditekan
batang-batang huruf yang menghentak pita itu saling mengait/tersangkut antara
satu dengan lainnya. Karena bingung maka Christopher mengacak-acaknya
sedemikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang paling sulit untuk digunakan
mengetik. Tujuan nya untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi.
Akhirnya pada tahun 1973 susunan
pada mesin ketik ini lah yang diturunkan pada keyboard sebagai input computer
yang kemudian diresmikan sebagai keyboard standar ISO (international standard
organization).
Ada beberapa susunan keyboard
yang sering dipakai diantaranya:
·
QWERTY,
sesuai namanya qwerty yang merupakan deretan
huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh
perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali
digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard Qwerty merupakan
pengembangan dari mesin ketik.
·
ASK
(American Simplified Keyboard), yang disebut Dvorak ditemukan oleh Dr, August
Dvorak pada tahun 1940. Susunan Dvorak menggunakan kelima vocal dan lima
konsonan yang paling umum digunakan yaitu AOEUI DHTNS. Susunan Dvorak ini
memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena
terlambat akhirnya Dvorak harus kalah dengan susunan huruf QWERTY yang sudah
banyak digunakan.
·
Ada
juga QWERTZ yang dipakai di Negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss dan
lain-lain.
·
AZERTY
dipakai dinegara prancis dan belgia.
Jenis-jenis
keyboard lainnya:
·
Keyboard
Maltron
Keyboard
ini dibuat agak cekung ke dalam. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada
dasarnya hanya digunakan 8 jari untuk mengetik di keyboard biasa. Dengan
mengetik di keyboard biasa maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk
keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (repetitive stress
injuries). Dengan bentuk yang unik ini Maltron menjamin kenyamanan jari tangan
saat mengetik dan tidak menyebabkan RSI dan akan meningkatkan kecepatan dalam
mengetik karena menggunakan 10 jari bukan 8.
·
Keyboard
Proyeksi
Untuk
menghemat tempat (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), bekerja
dengan menggunakan sensor gerak, jika jari melakukan gerak tertentu, system
scanning akan mengirim sinyal ke chip computer seolah user menekan tombol
tertentu. Digunakan misalnya pada PDA sebagai pengganti mouse.
·
Keyboard
CHORD
Hanya
mempunyai beberapa tombol antar 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus
menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk
aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombol mencerminkan
bentuk huruf yang diinginkan kecepatannya tinggi kurang popular, Karena pada pemakaian
yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.
·
Keyboard
Klockenber
Keyboard
ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada yaitu
dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri
dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 150 dan dibuat miring ke
bawah. Keyboard klockenberg mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat
(tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman.
d.
Perkembangan Mouse

Model kedua sudah dilengkapi
dengan 3 tombol. Pada tahun 1970 Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang
dapat mengetahui posisi X-Y pada layar computer. Mouse ini dikenal dengan nama
X-Y Position Indicator (indicator posisi X-Y). karena bentuknya yang memiliki
kabel panjang dan menyerupai seekor tikus alat ini kemudian dipanggil Mouse
(tikus).

Pada tahun 1983
microsoft membuat mouse pertamanya dengan nama green eyed.
Pada tahun 1991 Logitech membuat
“mouseman” dan ini adalah mouse nirkabel dengan menggunakan teknologi RF.
Tahun 1995 mouse menggunakan terobosan baru yaitu
scroll whell. Pada tahun ini Apple juga memperkenalkan multibutton “mighty
mouse”
Tahun 2006 Logitech dan Gyration
merilis desain dari “air mouse” (gyroscopic).
Tahun 2008 microsoft
memperkenalkan teknologi blue track, dan sekarang mouse dengan teknologi laser
3,5 G-5600 dpi, biasanya mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan
video.
e.
Perkembangan Penyimpanan Data
Komputer
·
Punch
Cards
Bentuk
media penyimpanan data pertama adalah Punch Cards yang diciptakan pada
tahun1752 oleh Basile Bouchon. Seperti dapat yang kamu lihat pada gambar, punch
cards hanya mampu menyimpan sedikit data. Penggunaan punch cards utamanya tidak
untuk menyimpan data, digunakan untuk menyimpan sebuah pengaturan mesin
tekstil.
·
Punched
Tape
Punched
tape awalnya diciptakan oleh Alexander Bain pada tahun 1846 untuk mesin fax dan
juga telegram. Sama seperti puch cards namun punched tape digunakan untuk
industri tekstil sebagai alat tenun mekanik. Tetapi di computer punched tape
digunakan untuk input dan output data, setiap pita mewakili satu karakter.
·
Williams
tube
Disebut
juga dengan Williams Kilburn tube. Dibuat pada tahun 1947 oleh Freddie Williams
dan Tom Kilburn. Ini adalah RAM pertama dengan kecepatan 1.2 miliseconds per
instruksi. Memiliki kapasitas 512 sampai 1024 bits.
·
Selectron
Tube

·
Drum
Memory
Ditemukan
oleh Gustav Tauschek pada tahun 1932 di Austria. Drum Memory menjadi terkenal
pada era 1950an sampai 1960an. Kapasitas penyimpanannya adalah 10 kb.
·
Magnetic
drum. Magnetic
drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini
digunakan untuk menunjang computer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari memori
utama.
·
Hardisk
Hard
disk pertama yang diciptakan oleh IBM pada tahun 1956, memiliki berat 500 kg
dan kapasitasnya hanya 5 MB. Namun pada saat ini hard disk sudah lebih baik
lagi perkembangannya. Ukurannya pun semakin kecil dan mudah untuk digunakan
dengan kapasitas yang sangat besar mencai 1000 GB atau 1 Terabyte.
·
Floppy
Disk atau Disket
Floppy
disk pertama diperkenalkan pada tahun 1969 dengan ukuran 8 inci yang hanya
dapat menyimpan 80 kb dan hanya bisa read only. Pada tahun 1972 disket yang
serupa juga dimunculkan dengan ukuran yang sama namun dapat menyimpan 1.2 MB
yang bisa menyimpan data berulang-ulang. Pada tahun 1990 dimunculkan lagi
floppy disk dengan ukuran 3 inc yang dapat menyimpan data sebesar 250 MB.
·
CD
(Compact Disk)
·
CD
ROM
Compact
Disk Read Only Memory. Merupakan penyimpanan data optic menggunakan format
fisik yang sama seperti compact disk audio.
·
DVD
(Digital Versatile Disk atau Digital Video Disc)
Philips,
sony, Toshiba, dan Panasonic pada tahun 1995 memproduksi media penyimpanan yang
dinamakan dengan DVD. DVD merupakan perkembangan dari CD yang dapat menyimpan
hingga 8,5 GB.
·
USB/flas
disk
Flash
disk pertama adalah IBM Disk On key yang dipasarkan pada tahun 2000 di Amerika
selatan dengna kapasitas penyimpanan 8 MB. Hal ini membuat era dari Floppy Disk
berakhir dengan cepat. Flash disk menjadi pilihan utama masyarakat.
·
SD
CARD (Secure Digital card)
Pada tahun 2000 saat
ponsel dan kamera mulai digemari muncullah SD CARD yang ukuran nya sangat kecil
dan juga muat dipasang pada kedua perangkat tersebut. SD Card pada saat itu
hanya berkapasitas 32 MB, memiliki banyak tipe diantarnya mini SD, mini SDHC,
miniSDIO, microSD, SDHC, dan SDXC.
f.
Perkembangan CPU
·
generasi
pertama (1945-1948)
ENIAC
(Electronic Numerical Integrator and Computer) yang diproduksi oleh IBM pada
tahun 1945 adalah salah satu moyang computer yang ukurannya super besar. Bayangkan
saja dengan perangkat yang terdiri dari 18.000 tabung kedap udara dibutuhkan
ruangan seluas 18 x 8 meter2 untuk pengoperasiannya hampir separuh
luas lapangan sepak bola.
Perkembangan
CPU generasi pertama berlanjut dengan lahirnya EDVAC (Electronic Discrete
Variable Automatic Computer) yang ukurannya lebih kecil sedangkan UNIVAC
(Universal Automatic Computer) adalah computer ukuran besar pertama yang
digunakan untuk keperluan bisnis pada tahun 1951-an.
·
generasi
kedua (1958-1966)
ditemukan
transistor pada tahun 1956 menjadi awal dari revolusi computer. Transistor
menggantikan tube vakum pada televise, radio, dan computer sehingga ukurannya
menjadi jauh lebih kecil daripada sebelumnya. Transistor juga membuat kebutuhan
listrik menjadi lebih rendah.
Pada
periode ini mulai dikenal bahasa pemrograman. Dengan bahasa pemrograman
computer mulai mudah dimengerti banyak orang karena istilah yang digunakan
untuk memasukkan data bukan lagi angka-angka biner melainkan sudah berupa teks.
Pada
masa ini computer semakin banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis karena
benda ini telah mampu menjalankan fungsi-fungsi transaksi bisnis.
·
generasi
ketiga (1966-1972)
ditemukannya
IC (integrated circuit) oleh Jack Kilby pada tahun 1960an menjadi tonggak
penanda revolusi computer, khususnya perangkat CPU. IC menutup kelemahan yang
ditimbulkan oleh pemakaian transistor pada CPU yang menjadikan perangkat
computer cepat panas. Kapasitasnya lebih besar dari generasi sebelumnya.
·
generasi
keempat ( 1972-1978)
setelah
IC tujuan perkembangan computer menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran
sirkuit dan juga komponen-komponen elektrik lainnya. Large Scale Integration
(LSI) dapat menampung ratusan komponen dalam satu buah chip. Kemudian pada
tahun 1980an Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dengan
satu buah chip tunggal. Dalam golongan computer generasi ke empat ini kita
mengenal IBM Compatible dengan pemakaian CPU.
·
generasi
kelima (1978 sampai sekarang).
Menggunakan
microprocessor ukuran lebih kecil tidak cepat panas dan kapasitasnya sangat
besar dari generasi sebelumnya. Penggunaanya lebih luas dengan memperhatikan
aspek efisiensi energy. Penampilan yang menarik dan rendahnya dampak radiasi
pada kesehatan tubuh manusia serta penggunaanya lebih praktis.
2.3 PENGERTIAN
SOFTWARE
Software (perangkat lunak) yaitu
program yang terdiri dari perintah-perintah (intruksi) untuk mengatur operasi
komputer maupun untuk melakukan pengelolaan data serta mengkoordanisasikan
perangkat keras secara umum di bagi dua, sebagai berikut :
1.
Operating
system
Program
computer yang di gunakan untuk mengoperasikan dan mengkoordinasikan perangkat
keras.
Contohnya
:
Ø
DOS
Sistem
operasi DOS adalah keluarga sistem operasiyang diguankan di computer pribadi.
Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generic bagi setiap sistem operasi yang
dimuat dari penimpanan berupa disk, baik disket maupun hardisk saat sistem
computer dinyalakan.
Ø
OS/2
OS / 2 awalnya dikembangkan bersama oleh IBM
dan Microsoft meskipun akhirnya dijual Microsoft kepada IBM, tetapi pada tahun
1991 kedua perusahaan berpisah dengan menggabungkan teknologi Microsoft GUI
pada Windows-nya sendiri dan IBM mengembangkan OS / 2. GUI yang digunakan dalam
OS / 2 yang disebut “Presentation Manager”. Versi ini hanya didukung GUI dan
ikon monokrom. Hal inilah yang membuat OS ini kompatibel denan DOS dan WINDOWS.
Versi 4.0 OS ini diberi nama Merlyn
Ø
SUNSOFT

Sunsoft
adalah sistem operasi yang dibuat oleh sun Microsystem Inc. sistem operasi ini
merupakan versi interaktif sistem UNIX dan ditujukan untuk pengguna yang
menggunakan dan menjalankan beberapa program aplikasi sekaligus.
Ø
SYSTEM
6.X/7.X
Sistem
operasi ini dijalankan untuk computer macintosh. Metode ini menggunakan mode
atau tampilan grafis yang disebut grafichal user interface. Perintah-perintah
yang diberikan berupa bentuk icon atau gambar.
Ø
WINDOWS
NT
Sistem
operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985. Semulanya sistem operasi
ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Pemakaian sistem operasi ini
pada awalnya tidak terlalu menarik. Ini terjadi hingga diperkenalkan sistem
operasi windows versi 3.0 pada bulan mei 1990.
Ø
NEXTSTEP
Nextstep
adalah sistem operasi yang ditujukan untuk penggunaan computer Next. Karena
kecanggihannya, Nextstep kini tersedia juga untuk computer yang menggunakan
prosesor buatan intel.
Ø
UNIX
UNIX
adalah nama system opersi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin.
Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT & T Bell
Laboratory untuk pemakaian khusus.
Ø
LINUX
2. Application program.
Program aplikasi merupakan
program computer yang berisi perintah-perintah pengolahan data (angka, huruf,
audio atau video) yang dioperasikan dengan system operasi.
Contohnya :Mengolah kata : WS, CW
writer, MS Word, Page Maker, dll
·
Mengolah
angka grafik : Lotus 123, MS Ecxel , dll
·
Mengolah
gambar / photo : Corel Draw, poto shop, publisher, Animatiaon, photostudio,
dll.
·
Mengolah
suara : MP3
·
Presentasi
: Power Point
·
Mengolah
data video : Cyberling Power DVD, Ahead Nero
·
Internet
: Internet Exflorer, Pront page
·
Pendidikan
: multimedia, Encarta
·
Antivirus
: Amtivir, McAfeem
·
System
tool dll
2.4 PERKEMBANGAN
SISTEM OPERASI
1.
OS/360
Ditahun
1964 IBM mulai memperkenalkan computer mainframe dengan OS/360, beberapa kelas
computer dengan system/360 di rancang agar kompatibel secara perangkat keras.
System/360 atau dikenal dengan S/360 menggunakan sistem operasi OS/360. System
360 berevolusi menjadi system 370.
2.
UNIX
Pertama
kalinya UNIX ditemukan di Bell Laboratory (juga dikenal sebagai Bell Labs dan
sebelumnya dikenal sebagai AT & T Bell Laboratories dan Bell Telephone
Laboratories) merupakan salah satu devisi dari perusahaan AT & T. namun
UNIX sendiri diturunkan dari beberapa nama sistem operasi lainnya yang telah
ditemukan sebelumnya dilaboratorium tersebut.
Di
akhir tahun 1960 silam, Bell Laboratory merupakan salah satu laboratory yang
turut aktif di dalam mengembangkan sistem operasi timesharing yang juga dikenal
sebutan MUTICS (MULTipex and Computing Service). Ditahun 1968, departemen
penelitian dari Bell labs menyadari adanya beberapa problem dari sistem operasi
tersebut, dan hal tersebut memndorong Bells labs untuk mengundurkan diri dari
MULTICS disekitar tahun 1969.
Beberapa
staff Bells labs di antaranya D.Ritchie dan K.Thompus yang juga dikenal sebagai
penulis utama bahasa C, kemudian berkumpul dan mulai penelitian untuk
mengembangkan sistem operasi sebagai alternative dari MULTICS.
Personal
computer yang pertama kali di ciptakan di tahun 1975 bermodalkan 8 bit INTEL
8080 CPU dan 256 bytes memori. Satu-satunya bahasa yang ada adalah sebuah
bahasa versi BASIC yang kemudian menjadi sangat popular di kalangan pemakai
mikro computer. Disekitar Tahun 1980, IBM melihat personal computer sebagai
area yang sangat menguntungkann untuk dikembangkan. IBM kemudian memutuskan
bahwa untuk mendapatkan personal computer dalam waktu singkat adalah membeli
komponen-komponen yang telah ditemukan terlebih dahulu, daripada memullllllai
semuanya dari awal.
Perushaan
tersebut lalu memutuskan untuk membeli INTEL 8080 (penerus 8080) dan meminta
penemu bahsa BASIC, Gates dari perusahaan Microsoft untuk menciptakan sistem
operasi bagi personal computer yang baru tersebut . pada saat tersebut UNIX
telah menjadi sistem ooerasi yang cukup dikenal, namun UNIX membutuhkan 100K dan
hard disk, sedangkan personal computer yang baru tersebut hanya memiliki 64K
dan tanpa hardisk. Hal inilah yang mendorong perusahaan Microsoft untuk
menciptakan MS-DOS (Microsoft untuk menciptakan MS-DOS (Microsoft – Disk
Operation System) yang diciptakan berdasarkan sistem operasi CP/M dengan
perubahan disaana sini. Ketika IBM-PC pertama kali dipublikasikan ditahun 1981
dan kemudian MS-DOS telah menjadi bagian dari PC tersebuut.
Ditahun
90-am memory dan har disk dari sebuah personal computer tidaklah menjadi
masalah lagi. Berbagai fasilitas dan kapasitas yang dulu hanya dimiliki oleh
computer mini. Sekarang telah dimiliki pula oleh computer personal. Saat inilah
pandangan dunia computer personal memulai terarah pada kemungkinan-kemungkinan
penerapan UNIX sebagai sistem operasi. UNIX tidak akan lama bertahan sebagai
sistem operasi uuntuk computer mini, para pemakai computer personal pun sudah
harus mempersiapkan diri untuk menerima UNIS sebagai sistem operasi yang
universal.
3.
CP/M
CP/M
(Control Program/Monitor) adalah sistem operasi pertama yang dibuat Dary
Kildall dari Digital Research Inc sebagai konsultan Intel 8080/85 dan Zilog Z80
untuk microcomputer yang dapat menjalankan 1 proses saja pada 8 bit prosesor
dan menggunakan memori tidak lebih dari 64 kbyte.
Pada
tahun 1950 kildall memiliki tugas untuk merancang dan mengembalikan bahasa yang
disebut PL/M untuk chip 8080 dan digunakan sebagai bahasa pengembangan sistem.
Saat itu Intel merancang sistem computer menggunakan 8080. Rencana untuk
dipergunakan Dary memakai 8080 emulator Intel dapat berjalan di PDP-10
minikomputer mereka yang besar. Tetapi gary harus bekerja secara langsung pada
prosesor 8080 tersebut. Di lain sisi dikarenakan juga bekerja pada mesinnya
sendiri di rumah, maka dia tidak dapat menghindari perjalanan 50 mil ke intel
tiap hari.
Pada
saat intel telah menyelesaikam 8080 komputer Intel dengan sebutan “Intellec-8”,
tetapi prosessor ini tidak memiliki software atau tempat menyimpanan yang
diberikan. Maka Kildall menggunakan test floppy drive free dari Shugart
Associates yang digabungkan ke Intellec-8 dengan rancangan teman Kildall
bernama john Torode, dan menulis sistem operasi operasi primitif yang disebut
CP/M.
CP/M
dikembangkan pada Intel 8080 emulator menggunakan operasi sistem DEC’S TOPS-10.
Jadi secara alami, banyak bagian dari CP/M terinspirasi dari operasi sistem
ini. Termasuk 8 karakter file name dengan 3 karakter extension yang digunakan
tiap MS-DOS/Windows 3.X.
Pengembangan
operasi sistem ini merupakan pekerjaan yang memakan banyak waktu. Pada akhir
1975 Kildall menyelesaikan CP/M versi 1.0 yang dijalankan pada PL/M, akan
tetapi Intel saat itu sudah tidak tertarik lagi dengan bahasa pengembangan
sistem itu, dilihat tidak memiliki potensi untuk pemasaran.
Pada
1976, pengembangan dunia bergerak cepat. Intel sibuk menjual 8080 chips ke
banyak perusahaan computer kecil dan perusahan berkembang yang tidak melepaskan
kesempatan memasukkan bisnis software 1 bit. Banyak perusahan yang tidak
mempunyai waktu untuk menulis sistem operasi mereka sebagai pionir pertama di
lapangan. Perusahan bernama IMSAI membuat 8080-based sistem yang sangat sukses.
Mereka baru memulai memarketkan floppy disk sistem dan memerlukan beberapa
software untuk digunakan secara cepat. Merka mengetahui tentang KIldall dan
CP/M sehingga menghubunginya.
Pada
1978 CP/M 2.2 telah menjadi dekat dengan landasan 8080 dna Z80 mikropropessor
lebih dari mengalokasikan 1 Mbyte memori. Digital Research mengfokuskan ke 16
chip dengan versi CP/M-86, tetapi bukan prioritas utama saat itu.
IBM
merencanakan memasuki market microcomputer dengan serius tahun 1981 dan
Komputer Raksasa memiliki prioritas sendiri, merupakan pengeluaran besar dan
marketing power untuk membackup mereka. IBM memilih 8080 chip baru sebagai inti
dari PC baru mereka, dan tentu memerlukan operasi sistem untuk menjalankannya.
Daripada menulis operasi sistem sendiri dengan mesin baru, waktu dan permintaan
pemasaran yang telah ada, mengarahkan mereka ke pintu Digital Research untuk
lisensi CP/M menjadi IBM-PC.
Ketika
Digital Research mengumumkan CP/M 3.0 dengan fitur yang lebih setelah versi 2.2
Upgrade hanya untul 8080/Z80 sistem yang mana tidak banyak lagi dilihat karena
munculnya mikrokomputer (PC) secara umum.
Seperti
hantu masa lalu, cukup familiar A>prompt echo di MS-DOS prompt, yang mana
tetap bagian dari Windows dan OS/2 DOS. Masih menjadi rumor bahwa kode asli
dari MS-DOS 1.0 adalah copy-an CP/M.
4.
DOS
DOS adalah sistem
operasi yang diguankan di computer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi
istilah generic bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari penyimpanan berupa
disk, baik disket maupun hardisk saat sistem computer dinyalakan.
DOS
terbagi menjadi beberapa kelas , yakni :
a.
MS-DOS
(Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS,
Compaq DOS, Q-DOS (Quickand Dirty Operating System) dan beberapa klon dari
sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada
para pembuat sistem computer IBM PC/Compatible.
b.
IBM
PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating, yang
meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan
oleh computer IBM PC.
c.
DR-DOS
(Digital Rasearch Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem
operasi CP/M, Gary Kildall.
d.
Novell
Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena
perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi
Digital Research Incorporated)
e.
Caldera
DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera
corporation.Free DOS merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa
pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source. Sistem
operasiini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan
penggunaan berbasis teks (text-mode user interface) dengan tanda kesiapan
menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang
digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar(>),
seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan
perintah PROMPT. Sistem operasi ini bersifat single-tasking (hanya dapat
menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan posesor pada modus
real (real mode) dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu
(single user).
MS-DOS
sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahan pembuat computer, yang bernama Seattle
computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan
direktur oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS. Pada Tahun 1980 sebagai sebuah
perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (Quick and Dirty Operating
System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain
agar dapat berjalan pada computer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft puun
membeli lisensinya dengan harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah
namanya menjadi MS-DOS, selanjutnya saat IBM hendak meluncurkan computer
pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada
IBM.
IBM
dan Microsoft selanjutnya merilis versi-versi DOS, dimana versi IBM yang
langsung dibundel dengan computer IBM PC disebut dengan IBM PC-DOS
(Internnasional Business Machine Personal Computer Disk Operating System). Pada
awalnya IBm hanya menggunakan apa yang layak digunakan dari MS-DOS yang dirilis
oleh Microsoft, seperti programnya atau utilitas yang disertakannya. Karena
itulah, versi IBM selalu dirilis lebih lambat dibandingkan dengan versi MS-DOS,
tapi MS-DOS versi 4.0 adalah versi MS-DOS pertama yang benar-benar ssama
seperti IBM PC-DOS, karena Microsoft sedang berkonsentrasi untuk mengembangkan
sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut dengan OS/2. Microsoft, ketika
melisensikan DOS kepada IBM, menandatangani perjanajian lisensi yang salah satu
poinnya mengandung bahwa Microsoft boleh melisensikan MS-DOS menjadi nama yang
mereka gunakan (contoh : TAndyDOS, Compaq DOS dll). Kebanyakan versi-versi
tersebut tentu saja sama dengan versi yang telah dikembangkan oleh Microsoft
dengan MS-DOS nya, tapi Microsoft mulai mencabut perjanjian lisensinya.
5.
WINDOWS
95
Windows
95 ynag memiliki nama kode Chicago dalam masa pengembangan dirilis tanggal 24
Agustus 1995 dan telah mengggunakan arsitektur 32-bit. Namun emi alas an
kesesuian terhadap versi sebelumnya, kinerja dan waktu
pengembangan
Microsoft tidak mengganti semua kode windows menjadi 32-bit. Masih banyak
bagian di dalamnya berupa 16-bit.
Walaupun
hamper sama dengan versi sebelumnya, yaitu sama-sama masih menggunakan MS-DOS,
namun dalam menggunakan versi ini Microsoft mulai memperkenalkan browser
Internet Explorer. Versi ini juga memiliki tampilan GUI yang baru.
Sebelum
menggantinya dengan versi Windows yang beru, Microsoft merilis Windows 95 dalam
lima versi berbeda, yaitu:
1.
Windows
95, rilis sebenarnya dari windows 95 A.
2.
Windows
95 A, mencakup pembaruan Windows 95 Original Service Relasw 1 (OSR1) yang
dimasukan secara langsung terhadap instalasi.
3.
Windows
95 B, mencakup beberapa pembaruan penting lainnya, seperti halnya sistem berkas
FAT32, dan Internet Explorer 3.0 Versi ini juga dikenal dengan windows 95 OSR2,
atau banyak orang di Indonesia menyebutkan sebagai windows 97.
4.
Windows
95 B USB, atau Windows 95 OSR 2.1 merupakan versi windows 95yang menwarkan
dukungan terhadap perangkat keras berbasis bus Universal Serial Bus (USB).
5.
Winsows
95 C, atau Windows 95 OSR 2.5 mencakup semua fitur di atas, ditambah Internet
Explorer 4.0. versi ini merupakan versi yang paling terakhir dirilis dari seri
windows 95.
Windows
95 OSR2, OSR 2.1 dan OSR 2.5 tidaklah dirilis untuk masyarakat luas, akan
tetapi hanya kepada OEM (pabrikan) saja yang mau menggunakan sistem operasi
tersebut ke dalam computer buatannya. Beberapa perusahaan OEM bahkan menjual
hard disk baru dengan sistem operasi Windows 95 OSR2 di dalamnya. Selain fitur
yang terkandung di dalam windows 95, Microsoft Plus! For Windows 95 yang
mencakup beberapa fitur tambahan yang tidak di miliki oleh Windows 95.
2.5 PERKEMABANGAN
PROGRAM APLIKASI
ü ELECRTIC PENCIL (1976),
aplikasi pengolahan kata
ü WORD STAR (1979),
aplikasi pengolahan kata
ü MS-WORD, EXCEL, POWER POINT
(1995)
ü Pengolahan Kata: Benchmark, WP,
Blue, Datatexe, Display Write, Secretary, Page Maker Publiser dll.
ü Data Base : Aladin, Advand DB
Mastyer, Data ACE, TIM, Dbase dll
ü Permodelan: Calc-86, Calcstar,
Contruction, Model, Esay Planer dll
ü Investasi Management: Financial
Fastrex, Financial Software Series dll
ü Akuntansi : Payroll, Acount
Payable, Acount Receible
ü Penjadwalan Proyek: Shoebox,
Microtern, Time Scheduler, Visiheduler dll
ü Telekomunikasi : Asion, Ethernet,
Microtern, The Microlink II, PC BBS, Pcnet dll.
ü Grafik / Menggambar: Auto Cad,
Coreldraw, Vidio Graph, Print Master, Certificate Master, Potoshop, Flash,
Animation dll
ü Manipulasi Printer :Lettrix,
Fancy Font, Nice Print dll.
ü Sorting :Aoutosort/86M, Fastosrt,
Hbsort, The Sort dll
ü Statistik : SPSS, BMB, Microstat,
Statpro, TSP dll
ü Permainan : Apple Panic, Attack
On Altar, The Original Aventure, Zork, Fight Simulaotor, Temle Of Apshai,
Snack, Ultima, Cashman dll.
ü
Pendidikan
: Chemtutor, Engineering software, facemarker, Fifty Program for IBM PC,
Language Teacher series ,Math Drills, Encarta dll.
Kampus : STKIP
Kusuma Negara
Program : S.1
Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Flowchart
Penyusun : Erni
Alfiani
Sridevi
Romlah
0 komentar:
Posting Komentar